KETELADANAN PREDIKAT MURID MENURUT YESAYA 50:1-2 TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BAGI PELAJAR MASA KINI
Abstract
Pandemic-19 membawa perubahan yang global bagi masyarakat secara khusus dalam pendidikan. Perubahaan yang mengubah Pendidikan secara tradisional menjadi modern dengen memanfaatkan jaringan internet. Walaupun dalam pembelajaran daring tidak semaksimal dalam pembelajaran konvensional tetapi dengan daring akan memupuk kemandiran dalam belajar.
Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah partisipasif dan pendekatan campuran antara penelitian kualitatif dengan kuantitaf. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa agar dapat memaknai dengan benar pembelajaran daring dengan meneladani predikat murid dalam Yesaya 50:4-5.
Keteladanan bukan hanya dalam hal perbuatan, sikap, sifat melainkan juga perkataannya menunjukkan sebagai orang yang beriman kepada Kristus, beraklak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri maupun bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik
Pembelajaran daring memiliki manfaat yakni memperjelas pesan informasi agar tidak bersifat hafalan, mengatasi keterbatasan jarak, ruang dan waktu dan menimbulkan semangat belajar yang lebih baik karena peserta didik berinteraksi langsung dengan sumber belajar.
Sedangkan istilah murid yang berarti keinginan yang kuat atau dapat diartikan juga sesorang yang berkomitmen. atau keinginan yang kuat untuk belajar.
References
Daring Dan 3M (Media, Metode, Dan Materi), Dipostkan 13 Juli 2020 Riau Pos.co. Https://riaupos.jawapos.com/citizen-jurnalis/13/07/2020/234850/pembelajaran-Daring-Dan-3
‘Ahmad Kholiqul Amin, Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar’, Jurnal Pendidikan Edutama, Vol 4, No2 (2017)
Drs. Hendra Surya, Menjadi Manusia Pembelajar, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009)
‘KBBI, 1995 Hal 129’
M.Pd, Dr. Rusman, Belajar Dan Pembelajaran: Berorientasi Standart Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2017)
Novia Wahyu Wardani dan Margi Wahono, Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter Unttirta Civic Education Jurnal (UCEJ), Vol 2, No. 1, Jurnal.untirta.ac.id.
Ofrion, S.Pd.Afrianto Daud (Praktisi Pembelajaran Digital, Dosen FKIP Univerditas Riau, Pembelajaran
, M.Pd., Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori Dankonsep Komunikasi Dalam Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2016)
‘Prof., Dr. Hamid Darmadi, M.Pd., M.sc., Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi Dan Implementasi Dala Pendidikan Global, AnImage ISBN.9756026510792’
Prof. Dr. Nizwardi Jalinus, M.Ed. dan Dr. Ambiyar, M.Pd., ‘ISBN 978-602-422 104 1, 2016’, hal. 1
‘Sri Gusty, Dkk., Belajar Mandiri:Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19, Medan : Yayasan Kita Menulis, 2020, ISBN.9786239462394636’,
Stevri Indra Lumintang dan Danik Astuti Lumintang, Theologia Penelitian Dan Penelitian Theologis: Science-Ascience Serta Metodeloginya. (Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2016)
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19), no.2a.
‘UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 20 Tentang Sisdiknas’
DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v1i2.15
Refbacks
- There are currently no refbacks.