TEORI TIDAK SESUAI DENGAN PRAKTEK

Sarah Sarah, Berlina Lumban Gaol

Abstract


Dalam Perjanjian Lama menunjukkan pentingnya pembelajaran itu, Kitab Ulangan mengatakan Musa mengajarkan hukum dari Tuhan untuk melakukan pembelajaran secara berulang-ulang Ul. 6:7. Melalui pembelajaran orang dapat mengerti hukum serta firman Tuhan yang berlaku bagi setiap kehidupan. Etika kristen hadir sebagai ilmu pengetahuan yang didasari dan bersumber pada firman Tuhan. Sebagai teori Etika kristen diajarkan kepada setiap peserta didik sesuai prosedur sekolah. Tujuan dari pengajaran etika Kristen dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai penuntun arah hidup manusia pada kebenaran mutlak yang bersumber dari Tuhan yang Maha Esa. Dalam hal ini pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui wawancara, observasi lapangan serta melalui literature buku-buku atau study pustaka. Dengan demikian metode yang digunakan adalah metode kualitatif, sebagai prosedur dalam penelitian. rancangan penelitian kualitatif merupakan rancangan penelitian yang bermaksud untuk membuat deskripsi atau gambaran untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Menurut Alkitab etika merupakan sikap dan tingkah laku manusia di panggil untuk berteladan kepada Allah, firman Tuhan mengatakan hendaklah kamu suci, karena aku Tuhan Allahmu adalah suci (Im.19:2); dan dikatakan juga hendaklah kamu murah hati sama seperti Bapamu adalah murah hati (Luk. 6:36). Namun untuk meneladani Allah tidaklah mudah perlu suatu proses, sebab dalam kedagingannya manusia masih hidup Menurut kehendaknya sendiri.


Full Text:

PDF

References


Abraham Park. D. Min., D. D., ‘Pemeliharaan Yang Misterius Dan Ajaib: Silsilah Yesus Kristus (II), Sejarah’, 2015 [accessed 6 July 2020]

Debora, Kiki, and Chandra Han, ‘Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics]’, Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2.1 (2020), 1

Kristianto, Paulus Lilik, Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen (Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2006)

Kusnandar, Christie, SEPULUH PERINTAH TUHAN BAGIAN KEDUA: KASIH TERHADAP MANUSIA DALAM TINJAUAN ETIKA KRISTEN, Jurnal Ilmiah Methonomi, 22 November 2017, III [accessed 6 July 2020]

‘PENELITIAN KUALITATIF PROSES PEMBELAJARAN MENULIS: PENGUMPULAN DAN ANALISIS DATANYA | Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra’ [accessed 6 July 2020]

‘SEPULUH PERINTAH TUHAN BAGIAN KEDUA: KASIH TERHADAP MANUSIA DALAM TINJAUAN ETIKA KRISTEN | Kusnandar | Jurnal Ilmiah METHONOMI’ [accessed 6 July 2020]

Sidjabat, B. S., Menjadi Guru Profesional: Sebuah Perspektif Kristiani (Bandung: Kalam Hidup, 2000)

Tarpin, Tarpin, Pandangan Kristen Tentang Dosa: Asal Muasal Dan Cara Menebusnya, Jurnal Ushuluddin, 1 November 2010, XVI




DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v1i2.10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.