APLIKASI TALENTA (MATIUS 25:14-30) DALAM MISI KRISTEN MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK
Abstract
Banyak orang Kristen enggan menggunakan talenta yang dimilikinya untuk misi Kristen melalui Facebook dikarenakan malu, gengsi dan takut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mencari arti talenta dalam Matius 25:14-30 dan menemukan aplikasinya dalam misi Kristen melalui media sosial Facebook. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan kajian biblika dengan pendekatan analisis, buku-buku teologi. Juga studi kuantitatif dengan penyebaran angket. Eksposisi Matius 25:14-30 dipergunakan untuk menarik kesimpulan mengenai talenta di dalam Kitab Matius. Kemudian mengaplikasikannya dalam misi Kristen melalui media sosial Facebook. Hasil dari penelitian ini ialah talenta dalam misi Kristen melalui Facebook dipercayakan kepada pengerjaNya dengan menggunakan dasar pengajaran Injil Kristus. Talenta dalam misi Kristen melalui Facebook dipertanggung-jawabkan untuk memberitakan berita keselamatan. Talenta dalam misi Kristen melalui Facebook diberikan sesuai kesanggupan dan memiliki otoritas penuh namun sesuai dengan Undang-Undang ITE. Talenta dalam misi Kristen melalui Facebook memiliki waktu terbatas sehingga membutuhkan kreativitas. Dalam penelitian ini, talenta dapat diaplikasikan dalam misi Kristen melalui media sosial Facebook.
Full Text:
PDFReferences
Abraham Park, ‘Janji Dari Perjanjian Kekal’, in Seri 5 (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2014), p. 446
Arifin, Thomas, Sinergi Sukses Pengusaha & Bankir (Gramedia Pustaka Utama, 2012)
Bavinck, J.H., Sejarah Kerajaan Allah 2 Pb (BPK Gunung Mulia)
Camerling, Yosua Feliciano, ‘Gereja Bermisi Melalui Media Digital Di Era Revolusi Industri 4.0’, Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar, 2 (2020)
David G. Collings, Hugh Scullion, Paula M. Caligiuri, ed., Global Talent Management, 2nd, berilus edn (Third Avenue, New York: Routledge, 2018)
Firmanzah, Marketing Politik: Antara Pemahaman Dan Realitas (Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008)
GP, Harianto, Pengantar Misiologi: Misiologi Sebagai Jalan Menuju Pertumbuhan (PBMR Andi, 2021)
Janna, Yiska, ‘Implementasi Gaya Hidup Kritis Terhadap Penggunaa Sosial Media Dikalangan Pelayan Tuhan’, OSFPREPRINTS
Larson, Kathryn, ‘Missional Social Media: Content and Strategies for Missions Organizations’, Liberty University, 1086 (2021)
Manafe, Yanjumseby Yeverson, ‘Keberdosaan Manusia Menurut Alkitab’, JURNAL TEOLOGIA DAN PELAYANAN KONTEKSTUAL, 8 (2019)
Manaransyah, Awasuning, ‘Damai Sejahtera Menanti Kiamat Matius 25:14-30’, 2 (2014), 16
Manton, Kamus Istilah Teologi Inggris - Indonesia (Gandum Mas)
Purwoto, Paulus, ‘Pendidikan Kristen Dalam Gereja Sebagai Dasar Dan Sarana Aktualisasi Misi Kristen’, Edulead, 2 (2021)
Situmorang, Jonar T.H., Strategi Misi Paulus: Mengulas Kontekstualisasi Paulus Dalam Pelayanan Lintas Budaya (PBMR Andi, 2021)
Sundelebu, Irham, ‘Kajian Biblika Tentang Hamba Yang Berguna Berdasarkan Matius 25:14-30 Dan Aplikasinya Dalam Market Place’, Mathetes, 1, 101–16
Suwendra, I Wayan, Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan, ed. by Arya Lawa Manuaba (Nilacakra, 2018)
DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v2i2.35
Refbacks
- There are currently no refbacks.