PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR ALKITAB TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB

Kristina Bela Malo, dr. Handoko P.H., S. Th.

Abstract


Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui.1. Kebiasaan belajar Alkitab itu serangkaian perbuatan yang diulang-ulang untuk memperoleh kepandaian berkaitan dengan Firman Allah. Kebiasaan itu sesuatu yang biasa dikerjakan secara berulang-ulang dan tetap untuk hal yang sama dalam menanggapi situasi tertentu secara otomatis. Perbuatan yang dilakukan secara berulang tersebut tanpa berpikir dahulu dalam merespon suatu situasi tertentu.

        Untuk memperoleh atau menguasai pengetahuan melalui pengalaman, mengingat, dan mendapat informasi atau menemukan sesuatu yang hal yang baru berdasarkan Kitab Suci.2. Kebiasaan belajar Alkitab itu merupakan tanggapan atau respon yang diulang-ulang dalam menguasai pengetahuan tentang tulisan yang diilhami oleh Allah. Segala tulisan yang diilhamkan Allah bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran. Kalau orang memiliki kebiasaan belajat akan menguasai pengetahuan tentang tulisan yang diilhami Allah. Dengan demikian dapat mengalami perubahan dalam hidupnya.3.

        Kebiasaan belajar Alkitab itu serangkaian perbuatan tanpa proses berfikir bertujuan mengubah dirinya berdasarkan tulisan yang memiliki otoritas Allah bagi kehidupan orang percaya. Serangkaian perbuatan yang sama dan berlangsung tanpa proses berfikir mengubah dirinya maupun lingkungan melalui pengelolaan informasi menjadi lebih terampil atau baik memiliki otoritas dan satu-satunya dasar bagi kehidupan orang percaya. Dalam pembahasan landasan Pustaka di atas menghasilkan 1. Karakter bertanggung jawab mahasiswa itu tindakan untuk menguasai diri dan dapat dipertanggungjawabkan dalam melaksanakan tugas dengan baik secara individu maupun kelompok. Tindakan menguasai diri adalah mampu melaksanakan tugas tepat pada waktunya, memiliki penguasan diri serta disiplin dalam keadaan apapun, memiliki akuntabilitas yakni siap dimintai tanggung jawab dan siap dipertanggung jawabkan, selalu melakukan yang terbaik dalam kehidupan sehari-hari, selalu memiliki pertimbangan atas konsekuensi dalam tindankan yang dilakukan, selalu menunjukan ketekunan, kerajinan, dan terus berusaha demi mencapai prestasi.2. Karakter bertanggung jawab mahasiswa itu kemampuan melaksanakan tugas tepat waktu serta disiplin dalam keadaan apapun. Kemampuan melaksanakan tugas Ada proses yang harus dilalui seorang mahasiswa agar menjadi hamba. Salah satunya proses untuk bisa meningkatkan sikap bertanggung jawab. 3.

                        Karakter bertanggung jawab mahasiswa itu kemampuan dalam mengontrol pikiran dan perbuatan sehingga tidak menimbulkan kerugian pada dirinya maupun orang lain. Mengontrol pikiran dan perbuatan Suatu sikap siap untuk memilih suatu pilihan yang ingin dilakukan dalam hidup, dan siap menghadapai konsekuensi atas pilihan yang sudah dilakukan merupakan arti dari tanggung jawab. Dalam penelitian ini   kebiasaan belajar Alkitab ini adalah populasi dari nilai penelitian hasil dari mahasiswa tingkat 1 dan 2 dikampus Sumberan Desa Sajen tahun 2021dan teknik dalam pendataan sampelnya adalah melalui Proposal dan dalam jumlah mahasiswa 21 orang.Hasil penelitian ini menujukan dalam kebiasaan belajar dalam hasil belajar Alkitab mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Faizatul Lutfia Yasmin, Anang Santoso, Sugeng Utaya Pendidikan Dasar Pascasarjana-Universitas Negeri Malang Jalan Semarang 5 Malang. E-mail: lutfiayasmin51@gmail.com

Sri Puspitasari Nurul Irfan

Hindun Baiti Annashriyah

Retno Ika Haryani1

Jurnal Global Edukasi ISSN 2597-873X (cetak) Vol. 3, No. 1, Ags 2019, hlm. 61 – 68 ISSN 2614-5588 (online) Available online http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE Sulastiyo.

Dimas Agustian,Md Suarjana,

Ni L. Gd. Manik Vira Yanti1, I Ngh. Suadnyana2 , I. B. Surya Manuaba

Ni Luh Putri Dea Giantari 1

I Wayan Ramantha2

Beti Susilawati

Deska Aji Pradipta

Murniaty Habel

Institut Agama Kristen Negeri Toraja

Indra Jaya2

Yulsyofriend3




DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v2i2.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.