Pengaruh Stres Mahasiswa Teologi Terhadap Pengenalan Akan Allah Menurut 2 Petrus 1:1-2 di Sekolah Tinggi Teologi Imanuel Pacet

naumi kadarsi

Abstract


Mahasiswa mengalami tekanan akademik karena adanya tuntutan yang harus dijalani diantaranya bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan melakukan kegiatan baik akademik maupun non akademik. Mahasiswa teologi merupakan orang-orang yang terpanggil dan terpilih untuk memfokuskan hidupnya meresponi panggilan Tuhan. Pembelajaran utamanya dalam sekolah tinggi teologi adalah Alkitab atau Firman Tuhan dan kehidupan berasrama berlandaskan Firman Tuhan.

Kategori stress yang dihadapi oleh mahasiswa termasuk dalam daily hassles. Daily hassle adalah jenis stressor yang membutuhkan sedikit penyesuaian sepanjang hari atau setiap hari oleh yang bersangkutan. Kasih karunia dan kedamaian tidak dapat ditemukan di luar "Pengetahuan penuh" (ἐπίγνωσις) dapat dianggap sebagai catatan kunci dari Surat 2 Petrus, karena kata (ἐπίγνωσις) atau pengetahuan penuh yang lebih kuat dari istilah pengetahuan atau gnosis γνωσις.

Apakah mahasiswa STT Imanuel Pacet yang sehariannya belajar tentang Teologi, pengelanannya akan Tuhan dipengaruhi oleh stres sebagai mahasiswa? Dari hasil penelitian kuantitaif dan kualitatif didapat mahasiswa mengalami stress karena beberapa hal dan hal tersebut mempengaruhi pengenalannya akan Tuhan karena memberi dampak terhadap fisik, pikiran, emosi maupun tingkah lakunya. Padahal 2 Petrus 1:1-2 memberikan pembahasan iman yang diperoleh karena keadilan Allah melimpahi kasih karunia dan damai sejahtera oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus Tuhan.


Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. (2004). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.

Aprilia Harapani. (2021). Pengaruh Kuliah Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Mahasiswa. psikologi. https://doi.org/1031234/osf.io/t4x29

Arimatea. (2020). Dampak-dampak Covid-19 yang Dirasakan Bagi Kehidupan Mahasiswa. Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat.

Baker R W, S. B. (1984). Measuring Adjustment to College. Journal of Counseling Psychology, Vol.31(No.2), 179–189. https://doi.org/doi.org/10.1037/0022-0167.31.2.179

Barbara Friberg dan Neva F Mile Friberg. (2006). Analytical Lexicon of The Greek New Testament. Trafford Publishing.

Bob Utley. (2001). Injil Menurut Petrus: Markus dan I & II Petrus. Bible Lessons International.

Bradley C Hanson. (1997). Introduction to Christian Theology. Fortress Press.

Deni Kurniawan As’ari. (2011). Mengenal Mahasiswa dan Kiprahnya. Penadeni.

dr. Fadhli Rizal Makarim. (2019, September). Mahasiswa ITB Bunuh Diri, Stres Belajar Bikin Depresi? Halodoc.com.

dr.Rizal Fadli. (2021). 5 Tanda Kondisi Psikologis Sedang Terganggu. Halodoc.com. https://www.halodoc.com/

Farida Aryani. (2016). Stres Belajar; Suatu Pendekatan Dan Intervensi Konseling. Edukasi Mitra Grafika.

Gerungan WA. (1991). Psikologi Sosial: PT Eresco.

Govarest, S & Gregoire, J. (2004). Stressfull academic situations : study on appraisil variables in adolesence. British Journal of Clinical Psycology, 54, 261–271.

Harun Gafur. (2015). Mahasiswa dan Dinamika Dunia Kampus. CV. Rasi Terbit.

Horst Ballz. (1994). The exegetical Dictionary of New Testament (Gerhard Sxhneider (ed.); 3 ed.). Eerdmans Pub Co.

Intan Savitri & Sidik Effendi. (2011). Kenali Stres. In PT. Balai Pustaka. PT Balai Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Kenali_Stres/SsrGDAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=stress+menurut+ahli&printsec=frontcover

James Patrick Chaplin. (1989). Kamus Lengkap Psikologi (Kartini Kartono (ed.)). Raha Grafindo Persada.

John Calvin. (2014). Institute of Christian Religion (Henry Beveridge (ed.); Vol.1). Pacific Publishing.

Joseph S Exell dan Henry Donald Maurice. (2013). Pulpit Commentary 2nd Peter. Hendrickson Pub.

Laksmi Sri Sundari. (2021, November). 76 persen Mahasiswa Stress Sedang-Berat, 13 Persen Ingin Akhiri Hidup. GalaMediaNew.com.

Mahsun. (2004). Bersahabat Dengan Stres (Ade Alimah (ed.)). Prima Media.

Nur Fauziah. (2016). Nilai Terus Merosot, diduga alasan Billi Mahasiswa UI Bunuh Diri. Merdeka.

Nuraviva. (2022). Cara Mengelola Stres dan Emosi Negatif. Kompasiana, Gaya Hidup.

Peggy A Thoits. (1994). Stress, Coping, and Social Support Processes: Where are we? What next? Journal of health and social behavior, Vol.35, 53–79. https://doi.org/doi.org/10.2307/2626957

PHR Van Houwekingen. (2018). Tafsiran Perjanjian Baru Surat 2 Petrus dan Yudas. Momentum.

Poerwadarminta, W. J. S. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, .

Richard A. Muller. (2003). Post Reformartion Reformed Dogamtics (Vol.1). Baker Academic.

Rizky Wahyu Permana. (2020). Kenali 4 Kondisi Psikologis yang Bisa Berujung Gangguan Jiwa. Merdeca.com.

Ross, S.E., Niebling, B.C., dan Heckert, T. M. (2008). Source of Stress Among College Student. College Student Journal, Vol.33(No.2), 312–318.

Rustiani, A. (2021). Data Riset: Kesehatan Mental Mahasiswa Saat Pandemi dan Kuliah Online. https://tirto.id/gaEc. https://tirto.id/data-riset-kesehatan-mental-mahasiswa-saat-pandemi-kuliah-online-gaEc

Salmaa. (2021). Penelitian Kuantitatif: Pengertian, Tujuan, Jenis-jenis, dan Langkah Melakukannya. deeppublish, Menulis Karya Ilmiah.

Sudarmanto, Ramen A Purba, dkk. (2021). Pengembangan Budaya Akademik ( dkk Ronal Watranthos (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono, P. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22 ed.). Alfabeta.

Supatra, H. (2017). KAJIAN SEMANTIK KATA ‘DAMAI SEJAHTERA’ DALAM BAHASA INDONESIA. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(3). https://doi.org/10.14710/nusa.12.3.154-163

Wiro Suciono, M. P. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri) (Kodri (ed.); 1 ed.). CV. Adanu Abimata. https://www.google.co.id/books/

Yusak B Hermawan. (2010). My New Testament: Menjelajah Dunia Perjanjian Baru. ANDI offset.




DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i1.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.