Karakter Pemuda dalam Titus 2:6-8 Diimplementasikan Terhadap Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mengajar Mahasiswa

Vindi Vionitasari, Dr. Simon Subagio M.Th., M.Pd.K., M.Si.

Abstract


Program kampus mengajar menjadi kesempatan mahasiswa sebelum lulus kuliah untuk dapat mengabdikan ilmunya kepada masyarakat. Sehingga dalam melaksanakannya, terkhusus pada masa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengajar sangat dibutuhkan karakter yang benar. Maka digunakan dasar perspektif Kekristenan mengenai karakter pemuda dalam Titus 2:6-8. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian ini berisi penjelasan konsep, teori, atau menguji (retest) teori dengan mendeskripsikan karakter pemuda. Selain itu, dijabarkan makna yang terdapat dalam Titus 2:6-8. Adapun kajian literatur yang peneliti gunakan dalam penelitian ini berasal dari buku dan artikel jurnal yang mendukung. Yang diharapkan dalam kehidupan pemuda memiliki karakter pemuda yang beriman kepada Tuhan, bijaksana, menjadi panutan dalam tindakan, serta takut akan Tuhan. Hal ini digunakan sebagai dasar hidup pemuda dalam segala hal. Kaitannya dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mengajar mahasiswa. Sebagai mahasiswa diharapkan menjadi agen penggerak perubahan dalam masyarakat dengan memiliki tekad untuk memajukan masa depan pendidikan bangsa. Dengan demikian, mahasiswa dapat bermanfaat dan memberi dampak yang baik bagi masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Alfons Renaldo Tampenawas, Erna Ngala, Maria Taliwuna, ‘Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini’, EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1.2 (2020), 214–31 http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/article/view/44/31

Alon Mandimpu Nainggolan, Elisabet Hia, ‘Jabatan Gerejawi: Kajian Biblis 1 Timotius 3:1-7Terhadap Kualitas Pemimpin Kristen’, Jurnal Magenang, 2.2 (2021), 128–48 http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/magenang

Bastanta, Dedi, ‘Teologia Paulus Berdasarkan Kitab Titus’, KERUGMA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1.2 (2019) http://www.sttiimedan.ac.id/e-journal/index.php/kerugma

Douglas J. D, Ensiklopedi Alkitab Masa Kini Jilid 1 (Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2008)

Dr. Malik, M.Th., ‘Gembala Sidang Sebagai Pengajar Menurut Timotius Dan Titus’, Jurnal Teologi Dan Misi, 1.1 (2018), 18–36 https://jurnal.sttsetia.ac.id/index.php/phr/article/view/4/74

Edi Purnama, ‘Implikasi Kebijaksanaan Yesus Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen’, Pengarah: Jurnal Teologi Kristen, 2.1 (2020), 34–50 https://journaltiranus.ac.id/ojs/index.php/pengarah/article/download/19/14

Ezra Tari, Ermin Alperiana Mosooli, Elsye Evasolina Tulaka, ‘Kepemimpinan Kristen Berdasarkan 1 Timotius 3:1-7’, Jurnal Teruna Bhakti, 2.1 (2019), 15–21 http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna

Hermawan Arifianto, ‘Banyuwangi Tuan Rumah Kampus Mengajar, Ipuk: Semoga Kualitas Pengajaran Meningkat’, Liputan 6, 2022 https://surabaya.liputan6.com/read/4899113/banyuwangi-tuan-rumah-kampus-mengajar-ipuk-semoga-kualitas-pengajaran-meningkat?_gl=1*4p8xe6*_ga*MTA4MjA5NjYwLjE2MzI3NTI0ODA.*_ga_32EZW1NHGX*MTY1ODQ1MTU0MC44LjEuMTY1ODQ1MTYwMi41OQ. [accessed 22 July 2022]

Jurnal DEBAT, Peran Politik Pemuda: Dinamika Pergerakan Pemuda Sejak Sumpah Pemuda 1928 Sampai Kini, pertama (Jurnal DEBAT, 2009)

Kemendiknas, Pembinaan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (Jakarta: Kemendiknas, 2010)

Kesrasetda, Admin, ‘Pemuda ”Potensi, Masalah, Peran, Dan Harapan Untuk Bangsa” Bagian Kesejahteraan Rakyat’, 2020 https://kesrasetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pemuda-potensi-masalah-peran-dan-harapan-untuk-bangsa-25 [accessed 29 March 2022]

Kosma Manurung, ‘Mencermati Penggunaan Metode Kualitatid Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi’, Filadelfia:Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3.1 (2022), 285–300 https://sttimanuelpacet.ac.id/e-journal/index.php/filadelfia/article/view/48/39

Marlin, Jeny, ‘Kualifikasi Pemimpin Menurut Rasul Paulus (Studi Eksegetis Surat Titus 1:5-9)’, Missio Ecclesiae, 6.2 (2017), 167–97 https://jurnal.i3batu.ac.id/me/article/view/74

Mia Zakaria, Dewi Arumsari, Jeli Membangun Karakter Anak (Bhuana Ilmu Populer, 2018)

Naumi Kadarsi, ‘Pengaruh Stres Mahasiswa Teologi Terhadap Pengenalan Akan Allah Menurut 2 Petrus 1:1-2 Di Sekolah Tinggi Teologi Imanuel Pacet’, Filadelfia:Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3.1 (2022), 321–37 https://sttimanuelpacet.ac.id/e-journal/index.php/filadelfia/article/view/50/37

Pipit Widiatmaka, Agus Pramusinto, Kodiran, ‘Peran Organisasi Dalam Membangun Karakter Pemuda Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Pemuda’, Jurnal Ketahanan Sosial, 22.2 (2016), 180–98 https://jurnal.ugm.ac.id/jkn/article/view/12002/10262

Ril Tampasigi, ‘Tinjauan Teologis Tentang Takut Akan Tuhan Berdasarkan Kitab Amsal Dan Implementasinya Dalam Hidup Kekristenan’, Jurnal Jaffray, 10.1 (2012), 118–47 https://ojs.sttjaffray.ac.id/JJV71/article/view/68/pdf_49

Rita, Vinus Zai, M.Th., ‘Kajian Teologis Pelayanan Tuhan Yesus Berdasarkan Matius 4:23-25 Dan Implementasinya Bagi Pelayanan Guru PAK Dalam Memberitakan Injil Kepada Siswa SD’, Filadelfia:Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3.1 (2022), 264–84 https://sttimanuelpacet.ac.id/e-journal/index.php/filadelfia/article/view/47

Samarenna1, Desti, Harls Evan R. Siahaan, ‘Memahami Dan Menerapkan Prinsip Kepemimpinan Orang Muda Menurut 1 Timotius 4:12 Bagi Mahasiswa Teologi’, BIA’:Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2.1 (2019), 1–13 http://www.jurnalbia.com/index.php/bia

Samuel Benyamin Hakh, Perjanjian Baru, Pertama (Bandung: Penerbit Bina Media Informasi, 2010)

Santy Sahartian, ‘Pengaruh Pembinaan Rohani Di Keluarga Terhadap Karakter Pemuda Berdasarkan Kolose 2: 6-10’, FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2.1 (2019), 20–39 http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei

Saptono, Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, ed. by Daniel P.Purba Yugha Erlangga (Penerbit Erlangga, 2011)

Sentot Sadono, Santy Sahartian, ‘Paulus Sebagai Teladan Pendidik Kristen Masa Kini’, Regula Fidei:Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5.2 (2020), 132–47 http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/56/57

Sobur, Alex, Psikologi Umum, Keenam (Bandung: CV Pustaka Setia, 2016)

Suharta, ‘Pentingnya Integritas Pelayan Kristus Menurut Titus 1: 6-9 Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Gerejawi’, Jurnal Scripta Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, 3.1 (2018), 75–98 https://ejournal.stte.ac.id/index.php/scripta

Suparlan, ‘Pendidikan Karakter’, Suparlan.Org, 2012 https://suparlan.org/2/pendidikan-karakter

Titik Haryani, Asih Rachmani Endang Sumiwi Deslinawati Telaumbanua, ‘Aplikasi Makna Pergaulan Menurut 1 Korintus 15:33-34 Bagi Pemuda Kristen Masa Kini’, Jurnal Teologi Kontekstual Dan Pelayanan Kristiani, 2.1 (2022), 79–91 e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jtk

Toganti, Bertha Zendriani, ‘Kriteria Pemimpin Jemaat Menurut Titus 1:5-9’, Jurnal Teruna Bhakti, 1.1 (2019), 42 http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna

Tumbel, Daniel, ‘Tema Utama Teologi Titus’, Journal Kerusso, 2.1 (2018), 18–33 https://jurnal.sttii-surabaya.ac.id/index.php/Kerusso/article/view/36/33

Wardi, ‘Upaya Pemuda Kristen Dalam Menjalankan Peribadatan Di Gereja Desa Pada Masa Pandemi Covid-19’, Diegesis : Jurnal Teologi, 6.2 (2021), 39–54 http://sttbi.ac.id/journal/index.php/diegesis/article/view/173/84

Yaumi, Muhammad, Pendidikan Karakter (Jakarta: Prenadamedia Group, 2014)

Yopi Makdori, ‘Kemendikbud Resmi Luncurkan Kampus Mengajar’, Liputan 6, 2021 https://www.liputan6.com/news/read/4478956/kemendikbud-resmi-luncurkan-kampus-mengajar [accessed 22 July 2022]




DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i2.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.