EFEKTIVITAS KEDISIPLINAN GURU DALAM MELAYANI.
Abstract
Serang Guru yang tidak disiplin akan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya, serta menunda-nunda akan melaksanakan tanggung jawab itu sehingga menjadi masalah akan melalaikan tanggung jawabnya. Sebagai seorang Guru yang dapat menjadi teladan bagi para muridnya adalah cara yang diajarkan secara nyata kepada para murid-Nya agar menjadi contoh yang baik. sehingga guru menjadi sorotan akan keteladan oleh sekolah, murid, dan lingkungannya sendiri. Tujuan dari kedisiplinan seorang guru dala melayani ialah meningkatkan kualitas serta hidup lebih mandiri dalam melakukan segala tanggung jawab serta mempunyai integritas yang baik. dengan adanya dorongan kedisiplinan tang timbul dari dalam diri sendiri akan membawa perubahan yang lebih baik lagi, agar dapat berkontribusi dengan maksimal dalam sekolah serta kehidupannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dan kualitatif. Dalam bentuk observasi lapang dan wawancara secara langsung sehingga dapat memperoleh data yang akurat. Rencana penelitian adalah gambaran yang menditail tentang ketiga langkah proses dalam mempersiapkan, proses pelaksanaan penelitian, dan proses pelaporan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti. Dalam hal ini peneliti mengungkapkan hasil yang diperoleh. Dari penelitian yang telah dilakukan bahwa Guru dapat disiplin jika mempunyai dorongan dari dalam dirinya yang dapat mengubah prilaku hidup dan dapat bertanggung jawab akan tugas yang diberikannya kepadanya dengan sungguh-sungguh dalam keterlibatannya mengikuti setiap tugas sekolah dan mempunyai wewenang terhadap anak didiknya. Dengan melakukan kedisiplinan membuat seorang Guru lebih kritis, mandiri, dan menghargai waktu. Pembelajaran secara nyata yang dilakukan seorang guru ialah dengan melakukan kedisiplinan hidup, sehingga dapat menjadi teladan dan contoh yang nyata terhadap sekolah, murid, dan lingkungannya. Kediplinan ialah perubahan hidup kearah yang lebih baik serta hidup yang berkualitas serta berintegritas sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
[1] M.pd. Zaenal Arifin, Metodologi Penelitian Pendidikan (Surabaya: Lentera Cendikia, 2008).
Full Text:
PDFReferences
A, Doni Koesoema, Pendidikan Karakter, Mendidik Anak Diera Global (jakarta, 2007)
Anggraeni, Nenny, ‘Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung’, 2017
‘Arti Pelayanan Kristiani’ [accessed 13 February 2020]
Aulina, Choirun Nisak, ‘Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini’, Pedagogia, 02,no 01 (2013), 37
Bejo, Siswanto, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif Dan Operasional. (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Bungin, H.M Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Jakarta, 2017)
Darmadi, H., Membangun Paradigma Baru Kinerja Guru (lampung tengah: guepedia, 2018)
Darmaputera, Eka, Pergulatan Kehadiran Kristen Di Indonesia, 2005
Dodson, Fitzhugh, Mendisiplinkan Anak Dengan Kasih Sayang (Jakarta: BPK GUNUNG MULIA, 2006)
Dr. Erastus Sabdono, Pelayanan Yang Sesungguhnya (Jakarta: Rehobot Publiser, 2017)
Drescher, John M., Doing What Comes Spiritually (jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008)
Fiana, Fani Julia, Daharnis, And Mursyid Risdha, ‘Disiplin Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling’, 2017
Hill, Napoleon, Secret of Napoleon Hill’s Mind (jakarta: : Pt.
cahaya Insani Suci, 2009)
Indra Prasta, ‘Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Umar Wiransta’, 2017
Ismail, muhammad Ilyas, ‘Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran’, Lentera Pendidikan, 13 No. 01 (2010), 44
Kartowagiran, Badrun, ‘Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi)’, Caakrawala Pendidikan, xxx no.3 (2011), 463
Kasmir, Manajemen Perbankan (Jakarta: pt raja prasindo persada, 2010)
Leigh, Ronald W., Melayani Dengan Efektif (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007)
Morley, Patrick, A GUIDE SPIRITUAL DISCIPLINES (USA: Moody, 2009)
Munir, Manajemen Pelayanan Umum (jakarta: pt Bumi Aksara, 2006)
Natanael, Jenny, Kebahagiaan Pernikahan Kristen (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002)
Ni Made Ayu Resa Mulyani Ni Kadek Sinarwati, Gede Adi Yuniarta, ‘Analisis Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Dan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Organisasi Sektor Publik Dengan Akuntabilitas Sebagai Variabel Moderasi’, Pendidikan, 7 no.1 (2017)
Schultz, Samuel J., Pengantar Perjanjian Lama (Malang: Gandum Mas, 1984)
Sugiyono, Pro, and F. Dr., Metode Penelitian (Bandung: AplfaBeta, 2015)
Triyatna, Stefanus Osa, Titipan Tuhan ‘sketsa Hidup Manusia Menyambut Jamahan Tangannya’ (Yogyakarta: Kanisius, 2005)
Zaenal Arifin, M.pd., Metodologi Penelitian Pendidikan (Surabaya: Lentera Cendikia, 2008)
DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v1i2.14
Refbacks
- There are currently no refbacks.